IDENTIFIKASI HUBUNGAN KESUKAAN DENGAN RISIKO KECELAKAAN PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI KOTA PADANG

Fadhil Sandy Pratama, Yosritzal Yosritzal, Elsa Eka Putri

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara pengguna kendaraan bermotor terbanyak sebagai alat mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Data yang tercatat pada tahun 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 146 juta kendaraan dan didominasi oleh sepeda motor sebanyak 120 juta kendaraan. Dengan berbagai macam karekteristik pengemudi yang ada di jalan. ada beberapa faktor – faktor yang dapat mempengaruhi  perilaku pengendara. Pertanyaannya  apakah kebiasaan sehari – sehari memiliki hubungan dengan jumlah kecelakaan yang dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor kesukaan dan kebiasaan yang berkorelasi dengan risiko kecalakaan dalam hal ini diindikasikan dari jumlah kecelakaan yang pernah dialami pengendara. Data penelitian ini didapat dari kuesioner online dan kuesioner secara langsung. Pengolahan data dilakukan denga analisis tabulasi silang dan chi square. Hasil penelitian menunjukan genre film favorit, musik favorit, jenis kelamin dan usia pengendara berkorelasi dengan perilaku dalam berkendara sehingga yang dapat diduga memicu kecelakaan. Pengendara dengan penyuka genre film action, pengendara dengan kelompok usia dibawah 35 tahun, dan pengendara laki – laki merupakan kelompok yang rentan mengalami kecelakaan.

Keywords


Kesukaan; Pengendara; Kecelakaan

Full Text:

PDF

References


Agung, Muhammad Ivan (2014). Model Perilaku Pengendara Beresiko Pada Remaja. Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 2 No. 2, Desember 2014, Halaman 35 -41

Alsaleh, A. (2006). The impact of social and psychological factors on car accidents in kuwait. Digest of Middle East Studies spring, 1-17.

Chen, F. (2009). Personality, Safety Attitudes and Risky Driving Behaviors – Evidence From Young Taiwanese Motorcyclist, Accident Analysis, And Prevention, 41, 963 - 968

Deery, Hamish A., & Brian N Fildes (1998) Young Novice Driver Subtypes : Relationship to High – Risk Behavior, Traffic Accident Record, and Simulator Driving Performance, Monash University Accident Research Centre.

Fauza, D, (2018). Identifikasi Aggressive Driving Pada Remaja Pengguna Sepeda Motor. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.

Prakash, Jyoti & Manish S. Kansal (2007), Road Rage : Psychosocial Perspectives,Delhi Psychiatry Journal Vol. 10 No.1. New Delhi

Tasca, L. (2000). A Review Of The Literature On Aggressive Driving Research. Ontario, Canada: Ontario Advisory Group On Safe Driving Secretariat, Road User Safety Branch, Ontario Ministry Of Transportation.

Yilmaz,V. & Çelik, E. H. (2006), Risky Driving Attitudes and Self-Reported Traffic Violations Among Turkish Drivers: the case of eskisehir.Dogus Universitesi Dergisi,7, 127 - 138

https://psikodemia.com/perilaku-berkendara-tidak-aman-menurut-psikologi/ diposting 24 Juni 2019 diakses 23 Mei 2020 Jam 12.04

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133 diakses 25 Mei 2020 Jam 07.00

https://padangkota.bps.go.id/dynamictable/2018/10/29/247/jumlah-penduduk-menurut-kecamatn-dan-jenis-kelamin-di-kota-padang-2010---2017-jiwa-.html diakses 25 Mei 2020 Jam 09.04

http://roadattitude.com/2017/06/22/amarah-di-jalan-raya-road rage/#:~:text=amarah%20di%20jalan%20raya%20atau%20yang%20biasa%20disebut%20road%20rage,pengemudi%20yang%20agresif%20atau%20pemarah. diakses 9 Juni 2020 Jam 12.04




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v19.n2.p42-49

Copyright (c) September 2020 Fadhil Sandy Pratama, Yosritzal Yosritzal, Elsa Eka Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.