Analisis umur kopling screw compressor jenis T.B. Woods Elastomeric di unit Pemeliharaan Mesin Kiln & Coal Mill V PT. Semen Padang

Feblil Huda, Ramli Ali Safrudin

Abstract


Kopling T.B Woods Elastomeric merupakan kopling yang digunakan pada mesin kompresor udara jenis screw. Kebakaran pada kompresor pernah terjadi di PT Semen Padang, akibat kerusakan yang tidak terdeteksi pada kopling berbahan buttyl rubber tersebut. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kegagalan dari kopling kerusakan tersebut melalui pendekatan teoritis. Bagian kopling terdiri atas gigi-gigi pencekam, bidang utama, serta lubang kopling yang diberi hub. Bidang utama kopling berbentuk seperti silinder bertingkat dengan sambungan berupa chamfer. Tegangan maksimum terdapat pada bidang utama kopling sebesar 1,0852 MPa dengan jumlah siklus akibat fatik sebesar 5,6x107 siklus, sehingga lifetime dari kopling adalah 164,5 hari. Beban torsi dari putaran poros motor dan rotor secara terus menerus mengakibatkan terjadinya fatik, yang meyebabkan retakan pada daerah chamfer dan merambat ke seluruh bagian kopling

Keywords


butyl rubber, kerusakan kopling, beban fatik.

Full Text:

PDF

References


Anonymous. 2000. Rotary screw Compressor Unit with Microprocessor Control All Refrigerants. Service Manual-Section. Fricks : USA.

Anonymous. 2015. Atlas Copco Compressed Air Manual, 8th. Belgium.

Ashby, Michael F. 2005. Material Selection in Mechanical Design. Butterworth-Heinemann.

Beer, Ferdinand P. 2006. Mechanics of Materials. New York. Mc Grew Hill.

Callister, William D. 2009. Material Science and Engineering. USA. John Willey & Sons.

CES Edu 2009.

L. Mott, Robert. 2004. Elemen-elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis: Perancangan Elemen Mesin Terpadu Buku 1. Diterjemahkan oleh: Dwi Prabantini. Yogyakarta: Andi.

Patel, Nikhil M, dkk. 2013. Design and Analysis for Screw Compressor. Journal of Information, Knowledge and Research in Mechanical Engineering 02 (2013): 511-514.

Sularso. 2004. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Bandung. ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v19.n1.p28-35

Copyright (c) March 2020 Feblil Huda, Ramli Ali Safrudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.