KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN PENDINGIN TYPE CHILLER UNTUK COLD STORAGE DAN INDOOR MENGGUNAKAN COOLANT ETHYLENE GLYCOL

Hendrik Syahputra

Abstract


Refrigerasi merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan saat ini terutama bagi masyarakat perkotaan. Refrigerasi dapat berupa lemari es pada rumah tangga, penyimpanan dingin, pendingin sayur, buah-buahan, daging, minuman dan sebagainya. Sistem refrigerasi kompresi uap juga digunakan pada aplikasi tata udara. Mesin pendingin ini bertujuan mendinginkan coolant ethylene glycol sehingga bertemperatur dibawah 0oC untuk penyimpanan dingin dan mengukur kemampuan mesin pendingin dalam mendinginkan ruangan. Performansi mesin pendingin untuk penyimpanan dingin dan ruangan terdapat perbedaan nilai COP, nilai COP yang ke ruangan lebih besar dibanding dengan yang ke penyimpanan dingin disebabkan kerja yang diberikan ke ruangan lebih besar dari pada ke penyimpanan dingin, perubahan entalpi evaporator juga sangat mempengaruhi nilai COP, semakin besar perubahan entalpi evaporator maka akan semakin besar pula nilai COP yang diberikan mesin tersebut.


Keywords


Mesin pendingin, cold storage, indoor, coolant ethylene glycol, refrigeran

Full Text:

PDF

References


Aziz, Azridjal. 2005. Performansi mesin refrigerasi kompresi uap terhadap massa refrigeran optimum menggunakan refrigeran hidrokarborn, Jurnal Teknik Mesin. Pekanbaru.

Cengel, A.Yunus. 2002. Thermodynamics An Engineering Approach Fifth. Edition. New York: Mc Graw Hill Companies.

Erdonal, Wahyudi, Dkk. 2009. Rancang bangun mesin pendingin bertemperatur dibawah 0oC untuk cold storage system. Universitas Ruiau. Pekanbaru.

Hanafi, Nuri. 2006. Mencari dan memperbaiki kerusakan lemari ES, Edisi pertama, PT kawan pustaka, Jakarta.

http://coolant.id/tentang-prestone/

Joseph A. 1989. Manual on Selection and Use of Engine Coolants and Cooling System Chemicals 4th Edition. American.

Komang, Hendra, Nengah, Made, 2010. Analisa Performansi sistem pendingin ruangan dan efisiensi energy listrik pada sistem water chiller dengan penerapan metode cooled energy storage. Kampus Bukit Jimbaran. Bandung.

Muchammad. 2006. Pengujian performance dan analisa pressure drop sistem water cooled chiller menggunakan refrigerant R22 dan HCR 22. UNDIP.

Stoecker, w.j, Jerold, J.W., 1992, refrigerasi dan pengkondisian udara, erlangga, Jakarta.

Sumanto. 2004. Dasar-Dasar Mesin Pendingin. Yogyakarta

W. djoko, Junial, Hadi. Cooling unit performance analysisof fish (cold storage) to Improve quality in fishermencatch Cirebon, Faculty of Engineering, UNTAG Cirebon




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v20.n2.p62-69

Copyright (c) 2023 Hendrik Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.