Pengujian Motor BLDC 48 Volt – 2KW Terhadap Performa Prototype Mobil Listrik Kaibon Kapasitas Satu Penumpang
Abstract
Motor Brushless DC (BLDC Motor) merupakan salah satu jenis motor-sinkron dimana medan magnet yang dihasilkan oleh rotor dan stator pada frekwensi yang sama. Motor BLDC juga banyak digunakan sebagai penggerak pada mobil listrik, karena motor BLDC dapat memenuhi faktor torsi, akselerasi, kecepatan dan biaya dalam pembuatan mobil listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji performa Motor BLDC 48 Volt – 2 KW yang dipasang pada prototype mobil listrik satu penumpang dari segi 1) kecepatan maksimal dan 2) jarak tempuh terjauh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, pengujian langsung dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pengujian kecepatan maksimal yang dilakukan pada pengaturan throttle 120% menghasilkan kecepatatan maksimal secara berturut-terut adalah 55 Km/Jam, 57 Km/Jam, 57 Km/Jam, 58 Km/Jam dan 55 Km/Jam dan pengaturan throttle 60% secara berturut-turut adalah 29 Km/Jam, 32 Km/Jam, 31 Km/Jam, 30 Km/Jam dan 30 Km/Jam. 2) Pengujian dari segi jarak tempuh dilakukan sebanyak 2 kali dengan persentase throtlle sebesar 60% hasilnya adalah 12,7 Km dengan kecepatan maksimal hanya terbatas pada 37 Km/J dalam waktu 39 menit 03 detik. Adapun pada persentase throtlle sebesar 120% jarak tempuh yang dicapai sejauh 8,3 Km dalam waktu 27 menit 23 detik.
Kata Kunci: Motor BLDC, Mobil Listrik, Performa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Putra, B. S., Rusdinar, A., & Kurniawan, E. 2015. Desain Dan Implementasi Sistem Monitoring Dan Manajemen Baterai Mobil Listrik. E-Proceeding of Engineering Universitas Telkom, 1909–1916.
Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Transportasi Darat Tahun 2017. [online] available at : https://www.bps.go.id/publication/2019/11/27/7fdd3379108b4a60e046f4c8/statistik-transportasi-darat-2018.html
Purnomo, S. J., Pratama, B. H., Hakim, L., Nurofik, & Pambudi, S. 2017. Uji Eksperimental Kinerja Mobil Listrik. 4, 679–686.
Dwifa, M. B., & Munadi. 2017. Pengujian Efisiensi Energi Motor BLDC 72 Volt – 7kW untuk Aplikasi Model Electric Urban Car. 2–7.
Nugroho, N., & Agustina, S. 2013. Perancangan Setting Rele Proteksi Arus Lebih Pada Motor Listrik Industri. Perancangan Setting Rele Proteksi Arus Lebih Pada Motor Listrik Industri, 40–46.
Jatmiko, J., Basith, A., Ulinuha, A., Muhlasin, M. A., & Khak, I. S. 2018. Analisis Peroforma Dan Konsumsi Daya Motor Bldc 350 W Pada Prototipe Mobil Listrik Ababil. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 14–17.
Zuhfrianto, A., & Budijono, A. 2013. Rancang Bangun Throttle Control Pada Motor Penggerak Dan Charger Manual Pada Prototype Mobil Listrik Garnesa. Jurnal Rekayasa Mesin, 63–68.
Sutedjo, Qudsi, O. A., Suhariningsih, & Yanaratri, D. S. 2017. DESAIN DAN IMPLEMENTASI SIX-STEP COMUTATION PADA SISTEM KONTROL MOTOR BLDC 1 , 5 kW. 3, 261–273.
Purwadi, A., Dozeno, J., & Heryana, N. 2013. Testing Performance of 10 kW BLDC Motor and LiFePO4 Battery on ITB-1 Electric Car Prototype. Procedia Technology, 1074–1082.
Masudi, N. 2014. Desain Controller Motor Bldc Untuk Meningkatkan Performa ( Daya Output ) Sepeda Motor Listrik. Institut Teknologi Surabaya.
Jatmiko, Basith, A., Ulinuha, A., Khak, I. S., & Putra., D. S. D. 2019. Perancangan dan Implementasi Desain Kendaraan Listrik Konsep Urban Dengan Penggerak BLDC 1000 Watt. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 93–97.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v20.n2.p43-48
Copyright (c) 2023 Ridwan Nurhalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.