Pemanfaatan Air Kondensat dari Vacuum Evaporator untuk Menurunkan Total Alkali pada Dregs di Proses Recausticizing

Novia Tenselawati

Abstract


Salah satu metode yang digunakan untuk mengambil alkali pada dregs adalah dengan menggunakan metode ekstraksi. Ekstraksi alkali sangat penting dilakukan untuk meminimalisir soda loss yang terbuang. Untuk mengekstraksi alkali pada dregs dibutuhkan suatu pelarut. Pelarut yang biasa digunakan adalah wash water. Namun, penggunaan wash water kurang optimal untuk mengekstraksi alkali karena nilai konduktivitas yang tinggi sehingga perlu dicari bahan alternatif pengganti wash water untuk mengefisiensikan penggunaan energi yaitu menggunakan air kondensat dari vacuum evaporator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan air wash water dan air kondensat terhadap nilai Total Titratable Alkali yang akan dijadikan sebagai weak wash liquor dan Total Alkali pada dregs. Pada penggunaan air kondensat dengan perbandingan antara dregs dan air kondensat 1:4 dalam waktu ekstraksi 8 jam menghasilkan nilai Total Alkali 9.18%. Sedangkan penggunaan wash water dengan perbandingan antara dregs dan wash water 1:4 dalam waktu 8 jam menghasilkan nilai Total Alkali 14.07%. Berdasarkan pengamatan dan analisis, keuntungan dari penggunaan air kondensat diantaranya dapat mempercepat proses ekstraksi dan dapat lebih cepat menurunkan Total Alkali pada dregs.

Kata kunci: Ekstraksi, Total Alkali, air kondensat, wash water.


Keywords


Pulp dan Kertas

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., Sobri, M. 2018. Laporan Hasil Magang PT. OKI Pulp and Paper Mill “Vacuum Evaporator & Recovery Boiler”. Ogan Komering Ilir: Institut Teknologi dan Sains Bandung.

Abdillah, Firstyanto. 2019. Pengaruh Kemurnian CaO Terhadap Causticizing Efficiency Dan White Liquor Quality. Ogan Komering Ilir: Institut Teknologi dan Sains Bandung

Biermann, Christopher J. 1996. Handbook of Pulping and Paper Making 2nd Edition. California: Academic PRESS.

Giglio, Alisha. 2018. Calcite Scale Formation in the Green Liquor Handling System of the Kraft Chemical Recovery Process by Calcite Scale Formation in the Green Liquor Handling System of the Kraft Chemical Recovery Process. Toronto: University of Toronto

Hendrawati. Sumarni, S., Nurhasni. 2015. Penggunaan Kitosan sebagai Koagulan Alami dalam Perbaikan Kualitas Air Danau. Jurnal Kimia VALENSI, 1 (1), 1-11.

Larian, M. G. 1959. Fundamental of Chemical Engineering Operation. Tokyo: Marusen Co. Ltd.

Martin, Alfred. 1990. Farmasi Fisika Edisi I. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Masud, Fajriyati, Puspitasari. 2017. Studi Pendahuluan Ekstraksi Bertingkat Minyak Biji Mangga Arumanis (Mangifera Indica) Menggunalan Pelarut N-Heksan dan Etanol. Makassar: Journal INTEK.

Nicola, Frenda. 2015. Hubungan antara Konduktivitas TDS (Total Dissolved Solid) dan TSS (Total Suspended Solid) dengan Kadar Fe2+ dan Fe Total pada Air Sumur Gali. Jember: Universitas Jember.

Romadhoni, F. P. 2017. Isolasi Pektin dari Kulit Pisang Kepok (Musa Balbisiana Abb) dengan Metode Refluks Menggunakan Pelarut HCL Encer. Palembang: Politeknik Sriwijaya.

Sanchez, Dale R. 2007. Recausticizing and Practice, TAPPI Kraft Recover Course 2007, Vol 1. Burlington: Vector Process Equipment Inc.

Sixta, Herbert. 2006. Handbook of Pulp. Germany: Wiley-VCH Verlag GmbH &. Co. KGaA.

Tran, Honghi. 2015. The Kraft Recovery Process, TAPPI Kraft Recover Course 2007 vol. 1, pp. 1-20. Toronto: Toronto of University.

Treybal, R.E. 1980. Mass-Transfer Operations. 3rd ed. Singapore: McGraw-Hill International.

Wuryantoro, H., Susanto, W.H. 2014. Penyusunan Standard Operating Procedures Industri Rumah Tangga Pangan Pemanis Alami Instan Sari Stevia (Stevia Rebaudiana). Malang: Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v20.n1.p6-13

Copyright (c) 2023 Novia Tenselawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.