ANALISA PERPINDAHAN PANAS KOTAK PEMANAS DAN PENDINGIN YANG MENGGUNAKAN MODUL TERMOELEKTRIK SEBAGAI SUMBER KALOR

Dani Ikhsan Saputra, Azridjal Aziz

Abstract


Termoelektrik adalah suatu proses konversi dari perbedaan temperatur menjadi energi listrik atau sebaliknya. Fenomena ini telah dikembangkan menjadi suatu modul sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik atau perangkat pendingin dan pemanas. Pada penelitian dilakukan analisa perpindahan panas kotak pemanas dan pendingin yang menggunakan modul termoelektrik sebagai sumber kalor. Tujuan analisa perpindahan panas pada kotak pendingin dan pemanas yaitu untuk mengetahui berapa nilai perpindahan panas yang terjadi pada kotak panas dan dingin yang menggunakan modul termoelektrik, adapun variabel yang dibutuhkan untuk menganalisa perpindahan panas yang terjadi pada kotak pemanas dan pendingin 1) dimensi dari kotak pemanas dan pendingin, 2) menentukan temperatur lingkungan diluar kotak dan temperatur capaian di dalam kotak, 3) menghitung nilai perpindahan panas yang melewati dinding kotak, 4) menghitung perpindahan panas di luar dinding kotak, 5) menghitung perpindahan panas di didalam dinding kotak. Hasilnya diperoleh analisa perpindahan panas yang terjadi di kotak pemanas yaitu 2,28 W dan dikotak pendingin 2,4 W.


Keywords


Termoelektrik, kotak Pendingin, kotak Pemanas

Full Text:

PDF

References


Aziz, A., R. I. Mainil., A. K. Mainil., S. Syafri,. dan. M. F. Syukrillah. 2017. Design Of Portable Beverage Cooler Using One Stage Thermoelectric Cooler (TEC) Module. Aceh International Journal of Science and Technology, 7(1), pp. 29-36.

Bizzy, Irwin dan Rury Apriansyah, 2013, Kaji Eksperimental Kotak Pendingin Minuman Kaleng dengan Termoelektrik Bersumber dari Arus DC Kendaraan dalam Rangkaian Seri dan Paralel, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM XII), Bandar Lampung, 23 - 24 Oktober.

Cengel, Y. A. 2006. Heat Transfer A Practical Approach. 3rd Ed. Mc Graw Hill. New York.

Holman, J.P. 1986. Heat Transfer, sixth edition. New York: McGraw Hill, Ltd.

Mainil, A, K., A. Aziz., M. Akmal. 2018. Portable thermoelectric cooler box performance with variation of input power and cooling load. Aceh International Journal of Science and Technology, 7(2), pp. 85-92.

Nandy Putra, Aziz Oktianto, Idam B, Fery Y. 2007. Penggunaan Heatsink Fan sebagai pendingin sisi panas Elemen Peltier Pada Pengembangan Vaccinecarrier, Jurnal Teknologi, 21 (1), pp. 24-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v18.n1.p32-37

Copyright (c) 2019 Dani Ikhsan Saputra, Azridjal Aziz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.