ANALISIS RESIKO PADA BAGIAN PRODUKSI PABRIK PENGOLAH GETAH KARET MENGGUNAKAN METODE HIRARC (Studi Kasus PT X Kota Padang)

Tivany Edwin, Rinda Andhita Regia, Mohammad Irfan, Yogi Kurniawan

Abstract


PT X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan getah karet menjadi karet remah di Kota Padang. Beberapa kejadian kecelakaan kerja masih ditemukan pada kegiatan produksi pabrik ini. Untuk itu penting untuk dilakukan identifikasi bahaya, penilaian resiko dan menentukan jenis pengendalian resiko pada bagian produksi tertama pada bagian yang sering ditemukan terjadinya kecelakaan kerja PT X, salah satu cara dengan menggunakan Metode HIRARC. Analisis risiko dilakukan dengan mengalikan peluang dan tingkat keparahan terjadinya bahaya pada proses pengolahan raw material, penjemuran blanket dan pengolahan blanket di dryer. Hasil menunjukkan tidak terdapatnya tingkat risiko tinggi pada proses tersebut. Tingkat proses rendah ditemukan pada proses transfer dengan forklft, selebihnya merupakan tingkat resiko sedang. Pengendalian yang disarankan berupa rekayasa teknik, pengendalian adminitratif serta penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).


Keywords


Pabrik pengolah getah karet, Bahaya, Risiko, Pengendalian

Full Text:

PDF

References


Budiono, AM. Sugeng, dan Pusparini, A. 2003. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan Kerja. Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja. Edisi ke-2. Semarang, Universitas Diponegoro.

Department of Occupational safety and Health Ministry of Human Resource Malaysia. 2008. Guidelines for Harzard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC).

Ihsan, T., Edwin, T., Irawan, R.O. 2016. Analisis Risiko K3 dengan Metode HIRARC pada Area Produksi PT Cahaya Murni Andalas Permai. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, Volume 10 Edisi (2), pp 179-185. Availabe online at http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/204/218

Mitsbasman, M. 2017. Analisis Risiko Pekerjaan Pada Bagian Produksi Dengan Metode HIRARC Di Perusahaan Karet PT BHB Kota Padang Tahun 2017. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat. Available online at http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26209

Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta.

Ramli, S. 2013. Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Silalahi. 1991. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Sucipto. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Suma'mur. 2013. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v18.n1.p21-26

Copyright (c) 2019 Tivany Edwin, Rinda Andhita Regia, Mohammad Irfan, Yogi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.