PENINGKATAN KINERJA SIMPANG MELALUI MANAJEMEN HAMBATAN SAMPING DAN PENGATURAN ARUS LALU LINTAS

Rama Dwi Aryandi, Ari Sandhyavitri, Reni Suryanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan simpang berdasarkan data lalu lintas simpang tersebut apakah derajat jenuhnya sudah melewati ambang batas DS = 0,75, jika nilai DS>0,75, akan dikaji penerapan beberapa alternatif penanganan untuk meningkatkan tingkat pelayanan simpang, untuk kemudian dipilih lagi alternatif terbaik untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode traffic counting, sedangkan untuk pengkajian alternatif penanganan simpang secara teknik menggunakan metode MKJI 1997, secara ekonomi menggunakan metode LAPI ITB, analisa nilai waktu dengan nilai waktu hasil penelitian Dirjen Bina Marga dan analisa biaya investasi dengan analisa Benefit Cost Ratio dan Net Present Value.  Dari tiga alternatif manajemen lalu lintas yang diajukan, hanya alternatif ke-3 yaitu kombinasi peniadaan hambatan samping, pelarangan belok kiri dan optimasi traffic light  yang menghasilkan nilai DS<0,75 untuk kondisi eksisting, sedangkan untuk tahun 2020 nilai DS-nya adalah 0,79 untuk Hari Selasa dan 0,83 untuk Hari Rabu. Sedangkan dengan alternatif pembangunan flyover, untuk jangka pendek atau 5 tahun nilai BCR dan NPV-nya 1,25 dan 48,9 milyar rupiah, tahun ke-10  2,29 dan 256,4 milyar rupiah, serta tahun ke-15 3,35 dan 472,19 milyar rupiah, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembangunan flyover adalah solusi penanganan terbaik untuk menignkatkan kinerja Simpang Pasar Pagi Arengka.


Keywords


kemacetan; derajat jenuh; tingkat pelayanan; manfaat; biaya.

Full Text:

PDF

References


A. S. Arianto dan A. A. Gde Kartika., 2012, Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Layang (Fly Over) Pada Ruas Jalan Sepanjang - Krian Km 16+540 - 17+680 Ditinjau Dari Segi Teknik Lalu Lintas Dan Ekonomi . dalam Jurnal Teknik Pomits, pp1-6.

Ahmad Munawar,. 2004, Manajemen Lalulintas Perkotaan, Beta Offset, Jogjakarta.

Ahmad Munawar,. 2004, Program Komputer Untuk Analisis Lalulintas, Beta Offset, Jogjakarta.

Ahmad Munawar,. 2005, Dasar-Dasar Teknik Transportasi, Beta Offset, Jogjakarta.

Amrizal dan Jeffy Lisra., 2015, Kajian Kelayakan Ekonomi Pembangunan Jembatan Layang SImpang Selayang Kota Medan, dalam Jurnal Teknik Sipil Unaya, pp29-34.

Bondada, Murthy V. A. dan Sivanandan, R., 2010. Cost-Effective and Implementable Solutions To Reduce Traffic Congestion in Indian Cities-Demonstration Project in Chennai, in Urban Mobility India 2010 Conference, New Delhi.

Chowdury, T., Mohammad Raihan, S., Fahim, A., dan Afrahim Bhuiyan, M., 2016, A Case Study On Reduction Of Traffic Congestion Of Dhaka City : Banani Intersection, in International Conference On Agricultural, Civil and Environmental Engineering, Istanbul.

Direktorat Jenderal Bina Marga., 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Ofyar Z, Tamin,. 2008, Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi : Teori, Contoh Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung.

Rama Dwi Aryandi dan Ahmad Munawar., 2014, Penggunaan Software Vissim Untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta), dalam The 17th FSTPT International Symposium, Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jst.v16.n2.p38-47

Copyright (c) 2019 Rama Dwi Aryandi, Ari Sandhyavitri, Reni Suryanita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.